Batam, 26 Januari 2019

Bismillah

Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam. Amma ba’du.

إقتضاء العلم العمل
Konsekwensi ilmu adalah amalan (praktek)

Semua orang yakin bahwa ilmu adalah sesuatu yang sangat penting. Karena dengannya seseorang bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dengannya juga seseorang bisa mengarungi samudra kehidupan ini yang sangat luas dengan penuh kebahagiaan dan tepat guna.

Namun dibalik itu semua, ada sesuatu yang lebih penting. Itulah amalan (praktek nyata ilmu yang diketahui)

Tidak hanya dalam ilmu agama yang memang menuntut untuk diamalkan. Banyak sekali ayat-ayat Al Quran, hadist Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wasallam dan perkataan para salafus shaleh yang menunjukkan bahwa ilmu menuntut untuk diamalkan. Tapi juga ternyata dalam dunia pendidikan juga tidak beda. Itulah yang dinamakan praktek nyata untuk menghasilkan sebuah produk.

Kenapa?

Agar aspek kognitif yang telah diserap oleh siswa, mampu menghasilkan sebuah karya nyata atau keterampilan. Jadi ilmu berbuah hasil. Itulah inti dari pengetahuan.

Inti dari berilmu adalah beramal (praktek nyata dalam sikap, perbuatan-karya, maupun perkataan)

Apa guna ilmu jika tidak dipraktekkan???

Alhamdulillah dalam pembelajaran di PPIT Imam Syafi'i, siswa tidak hanya diajarkan aspek pengetahuan saja, tapi juga keterampilan berkarya dengan memanfaatkan aspek kognitif yang telah diserap. Salah satunya adalah prektek fermentasi dengan membuat tape ketan pada pelajaran biologi yang diajarkan oleh Ust Beny Fadhlulloh, S.Pd. Kegiatan ini berlangsung di Lab. Biologi PPIT Imam Syafi'i.

"Asyik ust, menyenangkan!!!"

"Kami bisa langsung cuba dan tau hasilnya sehingga ilmunya ngendap ndak keluar lagi kwkwkw, lagi pula ndak bosan" Kata anak-anak

Dalam kegiatan praktek fermentasi terlihat semua anak sangat sibuk, riang gembira, ceria dan tawa. Semua ingin ambil bagian. Masing-masing tidak mau hanya menjadi penonton setia. Masyaa Allah.

Berharap metode penerapan ilmu seperti ini terus digalakkan dan dikembangkan, tidak hanya pada matapelajaran ini, tapi juga pada matapelajaran lainnya  sehingga siswa menjadi insan yang kreatif, inovatif dan berjiwa usaha.

Jazakumullahu khairan kepada Al Ustadz Beny Fadhlulloh, S.Pd yang telah membimbing peserta didik. Dan kepada seluruh PTK yang telah ikut mengambil saham dalam da'wah di dunia pendidikan ini. Semoga usaha kita menjadi amal jariyah dengan balasan yang tidak terputus. Amien.

Berikut galerinya, sila digeser ke sebelah kiri :